Biasanya Laptop kalau sedang digunakan bisa tiba-tiba mati sendiri, ini sering terjadi beberapa kemungkinan kerusakanya. Biasanya sedang digunakan tiba-tiba mati karena panas, atau tiba-tiba mati dan tidak bisa dinyalakan lagi. berikut ini penanganan pertamanya ketika laptop tiba tiba mati sendiri.

  • Cek tegangan pada adaptor untuk memastikan bukan adaptor yg bermasalah, atau gunakan adaptor lain untuk memastikan. Jika dipastikan adaptor tidak bermasalah maka problem ada pada mainboard laptop
  • Pengecekan masalah pada mainboard tidak bisa ditunggu karena cukup rumit, tidak seperti penggantian keyboard, penggantian LCD, dll. Sehingga membutuhkan waktu dan akan dilakukan penawaran. Jika OK maka akan langsung di eksekusi, namun jika cancel tidak akan dikenakan biaya apapun.
  • Sjcom berusaha semaksimal mungkin agar laptop bisa kembali normal. Namun tidak semua problem pada mainboard bisa direpair. Jika tidak memungkinkan ketersedian part maka akan menawarkan solusi akhir yaitu penggantian mainboard.
  • Mainboard yg sebelumnya sudah pernah di service pada level komponen akan mempersulit dalam melakukan service.
  • Mainboard yg mati dikarenakan terkena air umumnya juga lebih sulit untuk direpair karena sudah terjadi korosi pada jalur mainboard.